Rabu, 06 April 2016

Danau Setu Babakan

Setu Babakan atau Danau babakan yang terletak di Srengseh Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan dekat Depok yang berfungsi sebagai perkampungan budaya asli betawi. Setu Babakan merupakan tempat yang dijaga untuk menjaga warisan budaya Betawi. Setu Babakan mempunyai Danau yang sangat luas. Danau yang memiliki panorama yang indah dimanfaatkan para wisatawan untuk berfoto-foto di pinggiran danau. Danau ini juga merupakan tempat rekreasi air, seperti memancing, sepeda air, dan bebek-bebekan. Para wisatawan juga disuguhi dengan pepohonan rindang yang akan menambah suasana sejuk dan tenang ketika memasuki lokasi Setu Babakan. Di kanan kiri jalan utama, pengunjung juga dapat melihhat rumah-rumah panggung berarsitktur khas Betawi yang masih dipertahankan keaslianya.

Suasana di Setu Babakan sangat sejuk, banyak para wisatawan betah berlama-lama menikmati pemandangan di Setu Babakan. Yang tak kalah menarik, di perkampungan Betawi ini juga bayak terdapat warung-warung yang menyuguhkan makanan khas dari Betawi asli, seperti ketoprak, kerak telor, ketupat sayur, soto betawi, bakso, laksa, arum manis, mie ayam, soto mie, roti buaya, nasi uduk, kue apem, toge goreng, tahu gejrot dan masih banyak lagi. Mereka dapat menyantap makanan sambil duduk di pinggiran danau, yang disitu sudah disediakan tempat duduk dan meja, untuk lebih nyaman lagi. Para wisatawan yang berkunjung sangat menikmati fasiltas yang disediakan. Harga yang ditawarkan dalam setiap makanan khas Betawai sangat bervariasi. Dalam pemesanan makanan para wisatawan dilayani dengan ramah, sehingga para wisatawan merasakan puas berkunjung di Setu Babakan.

Selain menikmati kuliner khas Betawi, para wisatawan juga dapat menyaksikan pagelaran seni budaya khas Betawi, seperi tari cokek, tari topeng, tarian ondel-ondel dan masih banyak lagi. Para wisatawan dapat menyaksikan dengan gratis. Setu Babakan selalu ramai pengunjung apalagi sudah masuk waktu sore hari. Banyak anak-anak yang sekedar bermain layangan, bersepeda, dan menaiki perahu mengelilingi danau.

Musik yang  disuarakan yaitu music gambang kromong, gambus, keroncong, kasidah atau marawis. Selain hiburan diatas. Di Setu Babakan juga ada pagelaran lenong dan silat sebagai kesenian adat Betawi. Biasanya pagelaran tersebut ditampilkan pada waktu tertentu saja. Para wisatawan yang datang sangat terhibur dengan lagu-lagu khas Betawi dan hiburan yang ditampilkan
Yang baru dari Setu Babakan yaitu dibangunya jembatan gantung yang menjadi tempat favorit pengunjung. Pengunjung dapat menyinggahi dan melihat-lihat keindahan danau buatan  diatas jembtan gantung. Setu Babakan merupakan tempat favorit untuk bersepeda. Banyak orang-orang memanfaatkan jalan di Setu Babakan dengan menaiki sepeda. Suasana yang sangat tenang dan sejuk membuat orang-orang ingin berlama-lama mengelilingi sekitar danau.
Keindahan Setu Babakan dan kelestarian budaya Betawi harus selalu dijaga oleh setiap orang. Karena budaya Betawi merupakan budaya yang sangat terkenal di kalangan masyakat Indonesia khususnya di Jakarta bahkan di luar negeri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar